Wednesday, May 30, 2007

Memoar Cinta di Medan Dakwah

Memoar Cinta di Medan Dakwah. Buku yang ditulis oleh ust. Cahyadi Takariawan ini merangkumi pengalaman/aktivitas dakwah beliau ketika ditugaskan di Wilayah Dakwah 3 oleh 'Partai Tertentu', (yang pada tahun 2004 berubah nama menjadi 'Partai Tertentu Sejahtera', hehe). Wilayah Dakwah 3 ini meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Sulawesi dan Indonesia Timur: Maluku, Maluku Utara dan Papua.
Nun jauh di Indonesia Timur, tangan2 dakwah belumlah menjamah. Dakwah disana, di daerah yang selalu bergolak, tentulah memiliki mihnah yang jauh lebih berat dibandingkan dengan di pulau Jawa, misalnya (konon, pulau Jawa sedikit lebih maju daripada wilayah Indonesia Timur).

Saya sangat terkesan dengan satu cerita di buku ini. Yaitu tentang dua orang akhwat, yang demi kemaslahatan dakwah, MENIKAH dengan Kepala Suku di Wamena, Papua! Mereka meninggalkan 'gemerlapnya' pulau Jawa dan rela hidup di 'gelapnya' Papua. Mereka menjauh dari 'keberadaban' pulau Jawa dan sabar menghadapi 'keprimitifan' Papua. Mereka.. Demi Allah, mulia! Inilah mungkin yang disebut menikah di jalan dakwah. Pahit ya?

Buku ini, kata Ustaz Cahyadi, tidak hanya mengabadikan kenangan dari sebuah perjalanan, akan tetapi mengajak kita untuk melihat kedepan: bahwa ada banyak hal yang belum kita lakukan, bahwa ada banyak peluang yang bisa kita optimalkan, bahwa ada banyak tantangan yang harus kita selesaikan.
Ini buku yang membuat kita terjaga setelah sekian lama 'terbuai' oleh, salah satunya, kecukupan fasilitas dakwah di pulau Jawa.
 

Once in my free time Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by faris vio Templates Image by vio's Notez